WEB SCIENCE

Pengertian Web Science :

Web Science adalah ilmu pengetahuan untuk membuat dan memanipulasi web, Web adalah kumpulan halaman yang dapat menampilkan informasi berupa gambar, animasi, tulisan, suara maupun gabungan dari keseluruhannya yang bersifat statis atau dinamis yang dapat membentuk rangkaian yang saling terkait yang dihubungkan dengan banyak link. Science adalah ilmu pengetahuan yang didapat dan bisa menjadi pengetahuan bagi masyarakat untuk memberi informasi yang akurat.

Sejarah Web Science :

Web Science didirikan pada tahun 2006 dengan nama Web Science Research Initiative (WSRI). Web Sicence ini awalnya adalah hasil dari Memorandum of Understanding antara MIT CSAIL dan University of Southampton, ECS. Ambisinya adalah mengkoordinasi dan mendukung sentralisasi pembelajaran World Wide Web. Sejak pertama kali diluncurkan, konsep Web Science sudah menyebar secara meluas dan mengukuhkan diri sebagai area aktifitas yang penting.
Aktifitas WSRI fokus pada (i) artikulasi agenda penelitian untuk komunitas scientific, (ii) mengkoordinasi pengembangan materi pembelajaran Web Science dan (iii) mengikat pemikiran tentang kepeminpinan pada sektor yang berkembang ini.
Untuk melanjutkan aktifitasnya dan mendukung pengembangan Web Science secara global, para direktur WSRI membuat badan amal-the Web Science Trust (WST). WST berkerja sama dengan World Wide Web. Golnya adalah untuk mendorong partisipan luas dalam pengembangan Web Science. the Foundation mempunyai misi untuk meningkatkan Web. the Trust dan the Foundation mempunyai kesamaan komitmen untuk melanjutkan disiplin dari Web Science dan akan bekerja bersama pada beberapa proyek yang memperbaiki pengertian tentag Web Science dan mempromosikan dampak positif Web Science pada masyarakat luas.

Sejarah WEB:

WWW atau World Wide Web. Sebuah kata yang sangat tindak asing di telinga kita. Terutama anda yang sering mondar -mandir di dunia maya. Jika ingin masuk ke suatu website pasti anda mengetik awalan tersebut. Misalnya anda ingin membuka akun facebook anda, di kotak alamat anda pasti mengetikkan www.facebook.com. tahukah anda sejak kapan penulisan www mulai dipakai di jagat web?.
Sejarah Web bermula di European Laboratory for Particle Physics (lebih dikenal dengan nama CERN), di kota Geneva dekat perbatasan Perancis dan Swiss. CERN merupakan suatu organisasi yang didirikan oleh 18 negara di Eropa. Dibulan Maret 1989, Tim Berners dan peneliti lainnya dari CERN mengusulkan suatu protokol sistem distribusi informasi di Internet yang memungkinkan para anggotanya yang tersebar di seluruh dunia saling membagi informasi dan bahkan untuk menampilkan informasi tersebut dalam bentuk grafik.
Web Browser pertama dibuat dengan berbasiskan pada teks. Untuk menyatakan suatu link, dibuat sebarisan nomor yang mirip dengan suatu menu. Pemakai mengetikkan suatu nomor untuk melakukan navigasi di dalam Web. Kebanyakan software tersebut dibuat untuk komputer-komputer yang menggunakan Sistem Operasi UNIX, dan belum banyak yang bisa dilakukan oleh pemakai komputer saat itu yang telah menggunakan Windows. Tetapi semua ini berubah setelah munculnya browser Mosaic dari NCSA (National Center for Supercomputing Applications).
Di bulan Mei 1993, Marc Andreesen dan beberapa murid dari NCSA membuat Web browser untuk sistem X-Windows yang berbasiskan grafik dan yang mudah untuk digunakan. Dalam beberapa bulan saja, Mosaic telah menarik perhatian baik dari pemakai lama maupun pemakai baru di Internet. Kemudian NCSA mengembangkan versi-versi Mosaic lainnya untuk komputer berbasis UNIX, NeXT, Windows dan Macintosh.
Pada tahun 1994, Marc Andreesen meninggalkan NCSA, dan kemudian bersama Jim Clark, salah satu pendiri dari Silicon Graphics, membuat Netscape versi pertama. Kehadiran Netscape ini menggantikan kepopuleran Mosaic sebagai Web browser dan bahkan sampai saat ini Netscape merupakan browser yang banyak digunakan setelah Internet Explorer dari Microsoft.

Pada tahun yang sama CERN dan MIT mendirikan suatu konsorsium yang dinamakan World WIde Web Consortium (W3C) yang bertugas untuk membangun standar bagi teknologi Web.
Pada awal perkembangannya, sewaktu browser masih berbasiskan teks hanya terdapat sekitar 50 website. Di akhir tahun 1995 jumlah ini telah berkembang mencapai sekitar 300.000 web site. Dan diperkirakan sekarang ini jumalh pemakai Web telah mencapat sekitar 30-an juta pemakai diseluruh dunia.

Pre-Web :

MEMEX:
Memex (singkatan dari "memory extender") , adalah nama yang diberikan oleh Vannevar Bush untuk sebuah mesin teoretis yang ia usulkan dalam artikelnya As We May Think, yang dimuat pada tahun 1945 pada The Atlantic Monthly. Memex disebut-sebut sebagai pionir dari teknologi hiperteks yang muncul kemudian.

As We May Think adalah sebuah esai yang ditulis oleh Vannevar Bush, dan pertama kali dipublikasikan pada The Atlantic Monthly pada bulan  Juli 1945 Dalam artikel tersebut Bush melemparkan pendapatnya bahwa seiring selesainya perang (PD 2), usaha-usaha para ilmuwan harus digeser dari yang tadinya meningkatkan kemampuan fisik (untuk perang), ke arah usaha-usaha yang dapat memudahkan akses terhadap seluruh pengetahuan yang didapat manusia.

Hypertext:
Pengguna di internet atau di intranet dapat membuat halaman web dan antara halaman web yang satu dengan yang dapat terjadi link, hal ini dapat terjadi bila menggunakan Hypertext Transfer Protocol (HTTP). Setiap halaman web, termasuk home page untuk web site, memiliki alamat yang unik yang dikenal dengan Uniform Resource Locator (URL).
Halaman web adalah hypertext document (file yang memiliki format Hypertext Markup Language (HTML)) yang memiliki hyperlink.

USENET:
Usernet adalah sistem diskusi Internet yang terdistribusi secara global. Sistem ini dikembangkan dari arsitektur serbaguna UUCP dari nama yang sama.
Kelebihan :
-Usenet memungkinkan untuk bertukar informasi secara kompleks dan lengkap.
-Mempunyai system yang hampir sama dengan BBS.
-Forum dengan cakupan yang luas dan informasinya baru.
-Masing-masing pengguna dapat membaca pesan dari dan ke server lokal yang dioperasikan oleh mereka penyedia layanan Internet ,
-Pemblokiran tidak begitu berpengaruh.

Kekurangan :
-Usenet bukan organisasi, demokrasi, hak, jaringan akademis, media iklan maupun Internet.
-Usenet tergantung pada kepopuleranya.
-Usenet banyak menimbulkan kesalah pahaman dalam hal kajian informasi

ARSITEKTUR WEBSITE

Arsitektur Website adalah suatu pendekatan terhadap desain dan perencanaan situs yang, seperti arsitektur itu sendiri, melibatkan teknis, kriteria estetis dan fungsional. Seperti dalam arsitektur tradisional, fokusnya adalah benar pada pengguna dan kebutuhan pengguna. Hal ini memerlukan perhatian khusus pada konten web, rencana bisnis, kegunaan, desain interaksi, informasi dan desain arsitektur web. Untuk optimasi mesin pencari yang efektif perlu memiliki apresiasi tentang bagaimana sebuah situs Web terkait dengan World Wide Web.
Sejak web perencanaan isi, desain dan manajemen datang dalam lingkup metode desain, Vitruvian tradisional tujuan komoditas, keteguhan dan kesenangan dapat memandu arsitektur situs, seperti yang mereka lakukan arsitektur fisik dan disiplin desain lainnya. Website arsitektur akan datang dalam ruang lingkup estetika dan teori kritis dan kecenderungan ini dapat mempercepat dengan munculnya web semantik dan web 2.0. Kedua ide menekankan aspek struktur informasi. Strukturalisme adalah sebuah pendekatan untuk pengetahuan yang telah dipengaruhi sejumlah disiplin akademis termasuk estetika, teori kritis dan postmodernisme. Web 2.0, karena melibatkan user-generated content, mengarahkan perhatian arsitek website untuk aspek-aspek struktur informasi.
halaman-halaman yang ada pada sebuah website:
1.    Halaman Depan (Home Page)
Setiap website memiliki halaman depan. Pada umumnya, halaman depan merupakan halaman pertama yang dilihat oleh pengunjung dan juga merupakan halaman yang paling penting dalam mendapatkan urutan pencarian yang tinggi dari mesin pencari

2.    Halaman Produk/Jasa
Bagian utama dari website berisi penawaran produk dan/atau jasa. Apapun kategori website Anda, yang penting Anda harus menggambarkan secara singkat dan tepat apa yang Anda tawarkan, bantu pengunjung untuk menentukan pilihan dan melakukan transaksi dengan cara yang semudah mungkin.

3.    Halaman Informasi
Profil: berisi sejarah mengenai bisnis atau perusahaan, visi dan misi, siapa saja pengurus inti website atau perusahaan, dan hal-hal penting lainnya mengenai bisnis atau perusahaan.


o FAQ (Frequently Asked Question): berisi pertanyaan-pertayaan umum mengenai produk, jasa, maupun perusahaan.


o Testimoni: berisi kesaksian pelanggan mengenai penggunaan produk dan/atau jasa yang ditawarkan. Halaman ini digunakan untuk membangun reputasi.


o Surat kabar elektronik: berisi berita-berita mengenai produk dan/atau jasa baru, tips-tips, promo-promo yang diadakan, serta pengumuman-pengumuman lain yang mau disampaikan kepada pelanggan.

4.    Halaman Keanggotaan
Halaman keanggotaan merupakan bagian yang penting sekali untuk pengembangan website di masa mendatang. Dengan mengetahui siapa saja pengunjung dan perkembangan jumlah pengunjung aktif Anda bisa menganalisa hal-hal yang perlu diperbaiki

5.    Halaman Kontak
Halaman kontak berisi cara-cara untuk menghubungi pengurus website, bisa melalui email, telepon, fax, chatting, surat, ataupun dengan cara mengisi formulir pertanyaan atau komentar secara online.

KONSEP WEBSITE:

  • Website yang ada saat ini
    Bagi sebagian pengembang web, lebih memilih membuat website dari nol karena bebas menentukan kreativitas dan imajinasi dibandingkan harus memperbaiki website yang sudah ada. Kesulitan yang sering dijumpai ketika memperbaiki website yang ada adalah para programmer harus mempelajari terlebih dulu program yang dibuat oleh orang lain. Mulai dari struktur database, tipe data, hingga fungsi dalam program. Ini akan membutuhkan waktu cukup lama.
  • Pengumpulan Data
    Sebagai seorang web developer, Anda perlu mengetahui secara pasti apa yang harus dilakukan jika mendesain ulang aplikasi yang sudah ada. Anda harus melakukan wawancara kepada stakeholder dan pengguna. Anda juga akan menggali informasi terhadap bahasa pemrograman aplikasi yang telah dibuat. Proses yang sudah berjalan dalam website saat ini harus tetap ada dan harus diikuti ketika mendesain ulang website, jangan sampai berubah karena akan mempengaruhi pola pikir audien.
  • Memahami Tujuan
    Ketika merancang website, tetaplah fokus pada melayani target audien. Salah satu pendekatan yang berguna adalah mendapatkan daftar beberapa website mereka sebagai referensi. Bisa jadi, Anda tidak menginginkan website tersebut sebagai model, namun mengetahui mereka (klien) dapat membantu mengukur elemen-elemen apa yang disukai klien-klien Anda.
    Ketika Anda melakukan pekerjaan mendesain untuk para klien, pastikan Anda membuat website untuk klien dan para audien (pengguna), bukan untuk diri Anda sehingga dapat dipamerkan kepada rekan-rekan Anda. Pastikan setiap orang memahami website. Apakah website tersebut menyajikan informasi, mendorong konsumen untuk membeli produk, menghibur pengguna, atau hanya mengumpulkan data?
    Anda harus belajar sebanyak mungkin tentang pengunjung website. Anda perlu meminta beberapa pertanyaan, apakah pengunjung nantinya akan berkunjung setiap hari atau hanya kadang-kadang saja untuk mendapatkan apa yang diinginkan, setelah didapat maka selesai sudah dan pengunjung tidak akan berkunjung lagi  karena apa yang diinginkan sudah diperoleh. Sebagai contoh, Anda akan merancang website untuk anak-anak muda jauh berbeda tampilannya ketika merancang sebuah website agen real estat.
  • Mulai Merancang
    Setelah Anda mengumpulkan persyaratan dan memiliki pemahaman yang  baik terhadap website, selanjutnya mencoba membangun website. Sekarang saatnya merancang implementasi. Jika persyaratan sudah terpenuhi, langkah-langkah yang logis mungkin nampak seperti berikut:
    1.    Buatlah beberapa sketsa desain dan dapatkan persetujuan dari klien.
    2.    Pilih warna
    3.    Pilih font
    4.    Terapkan desan dasar dalam Photoshop
    5.    Membuat gambar untuk banner, tombol, dan elemen lainnya
    6.    Butlah template HTML5 dan CSS
    7.    Ujilah desain Anda untuk kompabilitas dan Aksesibilitas.
  • Membuat Sketsa dari Gagasan
    Anda harus menggambar desain di atas kertas untuk mengangkat ide-ide secara cepat. Bisa juga meminta saran dari orang lain seputar rancangan yang Anda buat. Jika perlu, meminta bantuan kepada klien. Untuk sketsa desain, Anda perlu mengetahui tata letak website mengandung elemen apa saja. Apakah perlu tautan (link) dalam tombol Home? Elemen apa saja yang harus ada di halaman utama?
    Beberapa elemen yang umumnya ada di halaman utama (homepage) yaitu: nama website, kolom pencarian, paragraf  pengantar secara singkat tentang website, dan daftar kategori. Selain elemen-elemen tersebut, Home juga berisi tautan berbagai halaman informasi, termasuk: syarat dan ketentuan, teks Sig-up, kebijakan privasi, dan informasi kontak
    Jika diperhatikan, beberapa website cenderung memiliki banyak kesamaan. Sebagian besar header berada di bagian atas  yang berisi logo atau nama website. Banyak website juga memiliki wilayah konten utama terbagi dalam kolom, dan setidaknya salah satu kolom sering digunakan sebagai daerah sidebar yang berisi navigasi (menu) atau informasi tambahan. Sedangkan footer berada di bagian bawah yang berisi informasi hak cipta maupun beberapa link tambahan.
  • Memilih Sketsa
    Diskusi terakhir dengan klien atau stakeholder memberikan masukan yang positif. Semua perubahan dan kritikan dari stakeholder harus terdokumentasi dengan benar, sehingga pada saat dipresentasikan sudah sesuai dengan pilihan terakhir dari klien. Pada saat menunjukkan sketsa terakhir, usahakan agar stakeholder puas dengan senyum lebar.
  • Mengambil Keputusan
    Proses desain ulang bermuara pada komunikasi dengan klien Anda. Beberapa klien sudah mengetahui apa yang mereka inginkan, namun umumnya mereka masih membutuhkan pihak luar seperti Anda untuk membimbing mereka. Stakeholder ingin melihat warna mock-up agar dapat terlihat secara nyata meskipun masih dalam bentuk gambar.
PENGAMANAN WEB
Dengan perkembangan website-website yang semakin hari semakin kompleks dan semakin banyak pula pihak yang menggunakan internet, amatlah penting bagi kita semua untuk semakin memperbekali diri dengan pengetahuan mengenai bagaimana kita bisa mengamankan diri (dan website kita) dari berbagai ancaman digital yang ada.

1. SELALU BACKUP DATA & FILE ANDA
Dewaweb dengan fitur Time Machine Backup nya akan melakukan backup otomatis bagi website Anda, 2 kali sehari setiap hari nya (pagi dan malam hari).  Pelajari lebih lanjut mengenai fitur Time Machine Backup Dewaweb disini.  Selain itu, Anda juga bisa melakukan backup cPanel secara manual (Full cPanel Backup).  Jika Anda menggunakan CMS seperti WordPress/Joomla/Drupal dll, ada juga plugins/extentions yang bisa Anda tambahkan pada website Anda untuk melakukan backup secara terjadwal dan otomatis.

2. LAKUKAN ENKRIPSI PADA HALAMAN SENSITIF

Halaman sensitif yang dimaksud adalah halaman-halaman website Anda dimana kita akan memasukkan data-data sensitif seperti misalnya username dan password.  Sebagai contoh, halaman login WordPress (dashboard), yakni pada folder wp-admin.  Atau contoh lain, halaman login administrator pada Joomla yakni pada folder administrator.  Contoh lainnya, adalah halaman untuk mengakses email Anda dll.

3. LAKUKAN ENKRIPSI PADA HALAMAN SENSITIF
Halaman sensitif yang dimaksud adalah halaman-halaman website Anda dimana kita akan memasukkan data-data sensitif seperti misalnya username dan password.  Sebagai contoh, halaman login WordPress (dashboard), yakni pada folder wp-admin.  Atau contoh lain, halaman login administrator pada Joomla yakni pada folder administrator.  Contoh lainnya, adalah halaman untuk mengakses email Anda dll.


4. BATASI PENYEBARAN INFORMASI SENSITIF

Terkadang kita tidak bisa menghindari penyebaran informasi-informasi sensitif yang kita miliki, misalnya username dan password untuk login ke cPanel dan lain sebagainya.  Informasi-informasi semacam ini suka tidak suka, terpaksa harus kita berikan kepada rekan kerja kita misalnya.  Batasi jumlah orang yang mengetahui informasi semacam ini, dan jangan sebarluaskan jika memang bisa.

5. GUNAKAN PASSWORD YANG KUAT

Hacker-hacker akan selalu mencari-cari cara dan metode baru untuk bisa menjebol password yang kita miliki.  Lindungi diri Anda dan website Anda dengan menggunakan password yang kuat (baca tips nya disini).  Sebagian dari kita mungkin berpikir password yang kuat lebih ditentukan dengan penggunaan karakter-karakter tertentu, ketimbang seberapa panjang jumlah karakter password kita tersebut.  Pada faktanya, semakin panjang (semakin banyak) jumlah karakter suatu password maka akan semakin kuat pulalah password tersebut.  Sebuah password sepanjang 8 karakter, akan lebih baik ketimbang sebuah password sepanjang 6 karakter (terlepas dari apakah password tersebut menggunakan karakter-karakter non-alphanumerik seperti misalnya @#$%^).

6. SELALU GUNAKAN KONEKSI PADA JARINGAN YANG AMAN

Hindari untuk terhubung (konek) ke internet pada jaringan yang tidak aman atau settingan keamanannya tidak jelas, misalnya pada tempat-tempat umum/cafe/restoran/lounge dll.  Jika Anda terpaksa harus terhubung ke internet melalui tempat-tempat semacam ini, gunakanlah jasa web proxy yang terpercaya seperti misalnya OpenVPN.

7. SELALU UP-TO-DATE

Para pengembang software/website pada saat mengembangkan software mereka, belum tentu tahu akan setiap celah keamanan dan kekurangan dari software yang mereka kembangkan tersebut.  Oleh karena itu, dari waktu ke waktu, mereka akan “menambal” celah keamanan yang mungkin mereka temukan pada software mereka dengan update-update.  Jika Anda mendapatkan pemberitahuan/notifikasi mengenai hal ini, segera update software/website Anda tersebut.
8. PAHAMI TENTANG LINK ANDA

Pernahkah Anda meng-klik suatu link yang Anda kira akan menuju ke halaman website yang memang ingin Anda tuju, namun Anda malah diarahkan ke halaman-halaman website porno/judi/obat-obatan?  Sekarang bayangkan jika link semacam itu ada pada salah satu atau beberapa halaman website Anda.  Orang-orang yang sering melakukan spamming, akan memanfaatkan link milik Anda yang “polos”, dengan suatu teknik yang dinamakan open redirect.  Dengan teknik ini, mereka bisa “mencuri” traffic website Anda dengan mengalihkan mereka ke halaman-halaman website yang mereka kehendaki (dalam hal ini, halaman-halaman website porno/judi/obat-obatan tadi).

NARASUMBER :



Komentar

Postingan Populer