Langsung ke konten utama
Macam-Macam Game Engine, AI dalam Game dan Efek - Efek dalam Game
Nama : Ahmad Fiqih Haikal
NPM : 50415334
MACAM-MACAM GAME ENGINE
1. Unreal Engine
Unreal Engine merupakan salah satu game engine yang populer digunakan untuk mengembangkan game berbasis mobile seperti Android dan iOS. Unreal Engine dikembangkan oleh Epic Games, yang mempunyai fitur tingkat tinggi dan sering digunakan bagi para developer game saat ini, UE3 pernah dirilis dan dirancang untuk Microsoft DirectX 9 (untuk Windows dan Xbox 360), DirectX 9 untuk Windows Vista, DirectX 11 untuk windows 7 dan OpenGL untuk OS X, Linux, PS3, Wii U, iOS, Android dan HTML 5 / Java Script tahap 3D untuk adobe flash player 11.Game engine ini telah melahirkan game Battlefield 4 dan Call OF Duty .
FrostBite Engine adalah Game engine yang di developer oleh EA DIgital Illusion CE . Game Engine ini pertama kali digunakan untuk membuat game FPS . tapi setelah di kembangkan juga dapat membuat game EA lainnya seperti Racing dan RTS. Keunggulan nya adalah rival dari IW engine seperti dapat membuat grafik yang memukau dan objek yang nampak nyata.
Kelebihan :
1.Menggunkan Blueprint, sebuah visual script editor. Yaitu sebuah fitur yang dikembangkan oleh Unreal engine untuk membuat game tanpa harus menuliskan kode pemrograman apapun.
2.Unreal Engine 4 memperlihatkan secara penuh UI (user interface) yang mudah untuk dimengerti jadi tidak akan lama untuk menguasainya.
3.Unreal Engine dapat memberikan grafik yang sangat sangat bagus
4.Unreal Engine 4 sudah dapat digunakan secara gratiss.
Kekurangan :
1.Engine game ini membutuhkan spesifikasi komputer yang cukup tinggi.
2.Processor yang digunakan minimal adalah Quad Core Intel atau AMD dengan kecepatan 2.5 GHz,
3.kartu grafis NVIDIA GeForce 470 GTX atau AMD Radeon 6870 HD, dan 8GB RAM.
4.Sistem operasi yang digunakan adalah Windows 7 64-bit atau Mac OS X 10.9.2.
2. Unity
Unity merupakan suatu aplikasi yang digunakan untuk mengembangkan game multi platform yang didesain untuk mudah digunakan. Unity itu bagus dan penuh perpaduan dengan aplikasi yang profesional. Editor pada Unity dibuat degan user interface yang sederhana. Editor ini dibuat setelah ribuan jam yang mana telah dihabiskan untuk membuatnya menjadi nomor satu dalam urutan rankking teratas untuk editor game. Grafis pada unity dibuat dengan grafis tingkat tinggi untuk OpenGL dan directX. Unity mendukung semua format file, terutamanya format umum seperti semua format dari art applications. Unity cocok dengan versi 64-bit dan dapat beroperasi pada Mac OS x dan windows dan dapat menghasilkan game untuk Mac, Windows, Wii, iPhone, iPad dan Android.
Unity secara rinci dapat digunakan untuk membuat video game 3D, real time animasi 3D dan visualisasi arsitektur dan isi serupa yang interaktif lainnya. Editor Unity dapat menggunakan plugin untuk web player dan menghasilkan game browser yang didukung oleh Windows dan Mac. Plugin web player dapat juga dipakai untuk widgets Mac. Unity juga akan mendukung console terbaru seperti PlayStation 3 dan Xbox 360. Pada tahun 2010, telah memperoleh Technology Innovation Award yang diberikan oleh Wall Street Journal dan tahun 2009, Unity Technology menjadi 5 perusahaan game terbesar. Tahun 2006, menjadi juara dua pada Apple Design Awards.
Server aset dari Unity dapat digunakan semua scripts dan aset game sebagai solusi dari versi kontrol dan dapat mendukung proyek yang terdiri atas banyak gigabytes dan ribuan dari file multi-megabyte. Editor Unity dapat menyimpan metadata dan versi mereka, itu dapat berjalan , pembaharuan dan didalam perbandingan versi grafis. Editor Unity dapat diperbaharui dengan sesegera mungkin seperti file yang telah dimodifikasi. Server aset Unity juga cocok pada Mac, Windows dan Linux dan juga berjalan pada PostgreSQL, database server opensource.
Perizinan atau license dari Unity ada dua bentuk. Ada Unity dan Unity Pro. Versi Unity tersedia dalam bentuk gratis, sedang versi Unity Pro hanya dapat dibeli. Versi Unity Pro ada dengan fitur bawaan seperti efek post processing dan render efek texture. Versi Unity merupakan yang gratis memperlihatkan aliran untuk game web dan layar splash untuk game yang berdiri sendiri. Unity dan Unity Pro menyediakan tutorial, isi, contoh project, wiki, dukungan melalui forum dan perbaruan kedepannya. Unity digunakan pada iPhone, iPod dan iPad operating system yang mana iOS ada sebagai add-ons pada Unity editor yang telah ada lisensinya, dengan cara yang sama juga pada Android.
Fitur-fitur :
- Rendering
- Scripting
- Asset Tracking
- Platforms
- Asset Store
- Physics
3. CryEngine 3
CryEngine 3 merupakan teknologi graphics game yang menampilkan bayangan dari pencahayaan suatu objek terlihat nyata, dimana ketika player bayangannya menjauh akan memudar dan sedikit menghilang. Rerumputan akan ikut bergerak apabila terkena sentuhan dari pemain yang melintasinya, juga bergoyang ketika terkena hempasan angin yang lalu-lalang. Bahkan partikel seperti jilatan api akan tampak seperti nyata, tetesan air hujan disamudera dan permukaan yang terkena air hujan disuatu objek mampu memantulkan suatu bayangan. Dengan kata lain, CryEngine 3 menjanjikan grafik game yang nyata seperti bentuk aslinya direal-world. Dari Cry Engine 3 ini kita juga bisa melihat tampilan yang kabur ketika bergerak bergantung kepada kecepatan, dan pembiasan diri dari partikel-partikel merupakan satu hal yang sangat realistik yang pernah disaksikan dari suatu game engine. Belum lagi tessellation yang membuat air dilautan terlihat begitu nyata, juga mampu menimbulkan banyak buih ketika terjadi gesekan antara gelombang-gelombang air laut. Contoh game yang menggunakan teknologi graphic Cry Engine yaitu Crysis 2, FarCry , Aion : Tower of Eternity.
4. Construct 2
Construct 2 merupakan sebuah software pembuat game/game enginnering yang menggunakan bahasa HTML 5, software ini dikhususkan untuk game 2D yang dikembangkan oleh Scirra. Seperti yang saya bilang diatas bahwa Construct 2 ini menggunakan bahasa HTML5 yang sangat mudah dipelajari, sehingga membuat software ini dipilih oleh berbagai developer game 2D.
Sebenarnya game yang dibuat dengan Construct 2 ini dikhususkan untuk single platform yaitu web tetapi Construct 2 bisa dijadikan multi platform, yaitu dengan bantuan aplikasi tertentu seperti: Untuk membuild game ke PC entah itu Windows, MAC maupun linux bisa menggunakan software bantuan yang bernama Node-Webkit, sedangkan untuk membuild ke platform IOS dan Android diperlukan software CocoonJS, AppMobi, dan PhoneGap.
Kelebihan :
1. Game yang kita build akan terasa ringan
2. memiliki sangat banyak plugin yang bisa dipakai untuk mengembangkan game kita
3. dapat membuat game tanpa harus menulis kode pemrograman, karena sebagian besar logika untuk game dapat dibuat menggunakan menu.
Kekuangan :
1. Jika kita ingin membuat gerakan karakter yang unik, akan sulit mengakali behavior bawaan dengan tambahan event, jauh lebih mudah jika kita membuat event langsung dari awal.
Efek – efek dalam game:
Sprite adalah istilah umum untuk “gambar” dalam dunia 2D gaming. Sprite digunakan dalam game 2D untuk visualisasi objek dalam duni 2D. Umumya sprite digunakan untuk visualisasi objek yang bergerak dalam game
Background dalam dunia game adalah gambar yang digunakan untuk mengisi layar dengan visualisasi dunia dimana pemain akan berjalan, melompat, berinteraksi dan lain-lain.
Efek adalah istilah umum dalam dunia game 2D maupun 3D yang berfungsi untuk visualisasi benda-benda atau hal-hal yang akan melengkapi game dalam hal visual dan meningkatkan realisme, seperti efek ledakan, efek pencahayaan, efek darah, dan lain-lain.
Tekstur adalah gambar bitmap biasa (sama yang digunakan untuk sprite) namun gambar ini tidak ditampilkan langsung seperti dalam sprite, melainkan akan dipergunakan untuk melapisi poligon-poligon yang membentuk model tiga dimensi.
Sound Effect dan Background Music, Sound effect diperlukan untuk mengisi suara-suara dalam dunia game yang dimainkan pada saat event-event tertentu berlangsung. Sedangkan Background Music adalah musik pengisi yang akan dimainkan pada saat game berlangsung
Graphical User Interface (GUI), GUI dalam game berupa gambar dan tulisan yang berfungsi sebagai alat komunikasi dua arah antara pemain dan game yang dimainkan.
Artificial Intelligence dalam Game
Salah satu unsur yang berperan dalam sebuah game adalah kecerdasan buatan. Dengan kecerdasan buatan dalam game dapat berperilaku sealami mungkin layaknya manusia seperti berkomunikasi . Dan didalam game biasanya ada NPC yang mewakili sifat tersebut.
NPC atau Non Playable/Player Character adalah karakter dalam game yg tidak dapat dimainkan oleh pemain, dalam game biasanya NPC ini digunakan untuk berinteraksi, baik sebagai lawan atau teman dalam permainan.
Artificial Intelligence pada game yang ada pada NPC ternyata diperlukan algoritma yang mengatur interaksi antara NPC dan player seperti ucapan dan gerakan. NPC juga berperan dalam menjelaskan latar game sehingga situasi dalam permainan lebih jelas, adapun NPC yang digunakan untuk pelengkap saja yang tidak dapat berinteraksi dengan player.
Komentar
Posting Komentar